Mengatasi Jantung Berdebar Karena Kafein

7 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

Apakah Anda sering mengalami jantung berdebar setelah minum kopi? Mungkin bagi beberapa orang, ketika mengkonsumsi kopi, jantung langsung terasa berderbar kencang. Hal ini disebabkan karena pengaruh atau efek dari salah satu kandungan kopi yaitu kafein.

Kafein merupakan zat yang paling umum dan dapat ditemui dibeberapa bahan minuman seperti kopi, teh dan juga coklat. Sebagian orang yang telah terbiasa mengkonsumsi kafein biasanya selalu minum kopi maupun teh tiap hari. Jika tidak mendapatkan kafein, maka terdapat beberapa gejala yang tidak nyaman. Namun ternyata, kafein juga dapat menyebabkan dampak buruk seperti jantung yang berdebar kencang.

Tubuh dapat menerima kafein dengan normal, tetapi harus sesuai dengan ambang batasnya yakni sebanyak 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi dalam sehari. Jika lebih dari itu, maka tubuh kemungkinan tidak mampu menoleransi jumlah kafein yang masuk di dalam darah.

Saat kafein masuk ke dalam tubuh kita, maka dapat menyebabkan beberapa reaksi yang berbeda seperti rangsangan buat otak, paru-paru dan juga jantung secara bersamaan. Kafein bakal langsung mencegah terjadinya proses pemecahan phosphodiesterase, dimana proses ini sangat penting buat menghasilkan siklik adenosin monofosfat.

Reaksi dari proses ini bakal menyebabkan rangsangan buat neurotransmiter termasuk epinefrin dan juga norepinephrine yang biasa disebut sebagai adrenalin. Norepinephrine jadi bahan yang langsung menuju jantung dan juga membuat detak jantung sangat cepat serta lebih kuat.

Lantas bagaimana cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi? Simak penjelasan lengkap berikut untuk Anda yang sering alami jantung berderbar setelah meminum kopi.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

Setidaknya terdapat 7 cara untuk mengatasi masalah jantung berdebar karena setelah minum kopi yang tim Nutra Jaya Prima rangkum untuk Anda. Berikut beberapa cara untuk atasi masalah jantung berdebar setelah minum kopi.

1. Peroleh Sumber Magnesium dari Makanan

Buat mengurangi kadar kafein yang ada dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium. Jadi saat Anda mendapatkan makanan yang kaya akan magnesium maka dapat menormalkan detak jantung secara alami. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan seperti sayuran hijau, buah apel, dan juga makanan laut.

2. Air Mineral Untuk Hidrasi Tubuh

Untuk menurunkan detak jantung yang sangat cepat saat minum kopi adalah dengan memperbanyak minum air mineral setelah minum kopi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Saat Anda baru saja mendapatkan kafein, maka dapat membuat Anda tidak mau minum. Namun ini sangat berbahaya, sebab dapat menyebabkan dehidrasi yang parah.

3. Lakukan Gerakan Ringan

Setelah mendapatkan kafein, maka sangat direkomendasikan untuk tidak langsung tidur atau pun istirahat. Efek kafein akan meningkatkan adrenalin sehingga membuat jantung Anda berdebar lebih kencang. Karena itu, Anda harus berusaha buat mengeluarkan efek kafein ini dengan melakukan gerakan ringan. Misalnya melakukan pekerjaan rumah tangga atau pun pekerjaan lain. Perlu diingat bahwa gerakan ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan seperti olahraga berat maupun angkat beban.

4. Bersikap Tenang

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa efek kafein saat masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatkan adrenalin. Efek ini bakal membuat tubuh gelisah serta rangsangan buat menjadi lebih aktif. Kemudian dapat membuat detak jantung berdebar kencang. Buat mengatasi kondisi seperti ini, Anda harus bersikap tenang dan juga santai. Anda dapat mencoba latihan pernafasan sperti biasa maupun dengan yoga.

5. Beri Rangsangan Pada Saraf Vagal

Cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi yang berikutnya yaitu dengan melakukan rangsangan pada sistem saraf vagal. Bagian saraf ini tentu saja berfungsi buat menurunkan detak jantung yang terlalu cepat dan juga meningkatkan detak jantung yang terlalu lambat. Sehingga saraf vagal penting buat mengatur detak jantung biar kembali normal.

Langkah Anda dapat lakukan seperti membasuh wajah menggunakan air mengalir, tempelkan handuk dingin dibagian wajah selama 20 detik ataupun letakkan kompres es di wajah secara langsung selama beberapa detik.

6. Cairan Elektrolit yang Seimbang

Saat mendapatkan kafein, maka jantung akan berdebar yang disebabkan kondisi cairan elektrolit dalam tubuh yang tak seimbang. Kondisi ini bakal merusak sinyal listrik yang dapat menurunkan fungsi jantung dengan menjadikan detak jantung sangat cepat. Oleh sebab itu, penting buat meningkatkan keseimbangan elektrolit dengan cairan atau pun makanan. Misalnya dengan makanan dan juga minuman yang memiliki kandungan kalsium, natrium, magnesium serta kalium.

Beberapa sumber makanan yang dapat menormalkan detak jantung seperti kentang, sup tulang ayam atau pun sapi, alpukat, brokoli, ubi jalar, bayam, kale,  pisang, susu, kacang-kacangan dan juga ikan.

7. Mengurangi Kafein

Jika Anda selalu alami jantung berdebar setelah minum kopi, maka sebaiknya anda mengurangi kafein secara perlahan. Mengingat kondisi ini dapat terjadi pada orang yang telah terbiasa mendapatkan kafein, oleh karena itu, mengurangi secara perlahan sangat direkomendasikan. Sebab, jika langsung berhenti, maka bakal muncul gejala penarikan kafein yang parah. Makanya, lebih baik Anda lakukan secara perlahan.

Itulah beberapa cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi, selalu ingat untuk mengkonsumsi kafein secara tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait