Cara Mengatasi Sakit Dibawah Payudara Sebelah Kanan

Cara Mengatasi Sakit Dibawah Payudara Sebelah Kanan

Cara mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan – Sakit dibawah payudara sebelah kanan bisa menjadi pengalaman yang mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran. Meskipun dalam banyak kasus rasa sakit ini dapat disebabkan oleh hal-hal yang tidak berbahaya, namun ada juga kemungkinan bahwa hal itu bisa menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius.

Berikut ini tim Nutra Jaya Prima akan membagikan penjelasan mengenai apa saja penyebab dan cara mudah mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan.

Penyebab Sakit Dibawah Payudara Sebelah Kanan

Sebelum mengetahui bagaimana cara atasi sakit dibawah payudara sebelah kanan, ada baiknya kita membahas dahulu apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya sakit di bagian bawah payudara agar kita dapat menghindari dan mencegahnya.

Sakit dibawah payudara sebelah kanan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, baik yang bersifat fisiologis maupun yang berhubungan dengan kondisi medis.

cara mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan
cara mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan

Faktor-faktor fisiologis seperti siklus menstruasi atau perubahan hormonal dapat memainkan peran penting dalam memicu rasa sakit ini. Di sisi lain, beberapa kondisi medis seperti infeksi, masalah pada jaringan ikat, atau bahkan kista dapat juga menjadi penyebabnya.

1. Masalah Kesehatan Pada Paru-Paru

Salah satu gejala adanya masalah kesehatan pada paru-paru yaitu dengan sakit pada dada sebelah kanan. Perihal tersebut disebabkan penyumbatan pembuluh darah pada paru-paru, selaput paru-paru tekanan besar pembuluh darah ataupun paru-paru yang kolaps ataupun kempis.

Pleuritis ataupun radang selaput dada merupakan kendala kesehatan pada paru-paru awal yang mempunyai gejala sakit pada dada sebelah kanan. Gejala yang bakal kalian rasakan yaitu rasa sakit pada dada sebelah kanan saat bernapas, batuk maupun bersin.

Masalah kesehatan paru-paru lain yang menimbulkan rasa sakit pada dada sebelah kanan di antara lain emboli paru, asma, hipertensi paru, serta penyakit paru obstruktif kronis.

2. Masalah Kesehatan Pada Pencernaan

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan masalah kesehatan pada pencernaan yang telah kronis dengan gejala yang biasa yaitu rasa sakit pada dada sebelah kanan.

Saat kalian merasakan sakit dada sebelah kanan tersumbat cara mengatasinya yaitu dengan menjaga pola makan sehat serta menghindari mengkonsumsi makanan yang tidak baik. Tidak hanya itu, konsumsi probiotik juga dapat menolong mengembalikan kuman baik yang diperlukan perut.

3. Masalah Kesehatan Pada Hati

Apabila kalian merasa sakit pada dada sebelah kanan bisa jadi saja rasa sakit itu jadi gejala infeksi hati yang diakibatkan oleh peradangan virus ataupun kuman ataupun sebab penyalahgunaan obat serta zat. Salah satu penyakit pada kendala kesehatan pada hati yang mempunyai gejala tersebut yaitu hepatitis.

Nyatanya, hepatitis pula mempunyai gejala awal yang berbentuk sakit dada sebelah kanan lantaran letak organ hati yang terletak di rongga dada sebelah kanan yang jadi faktor munculnya rasa perih pada dada sebelah kanan.

Pemicu utama sakit pada dada kanan yaitu penyalahgunaan alkohol, pemakaian bahan kimia beracun serta permasalahan kesehatan yang lain yang dapat menimbulkan perlemakan hati.

4. Masalah Kesehatan Pada Otot

Biasanya setelah melakukan olahraga yang berat yang memerlukan gerakan ekstra tertentu secara berlebihan, kerap kali banyak orang bakal merasakan sakit dada sebelah kanan.

Cara mendeteksinya yaitu dengan memencet area tempat yang jadi sumber sakit dada tersebut, dapat pula dengan menggerakkan bagian badan tertentu ataupun saat kalian bernapas kalian bakal merasakan rasa perih tersebut.

Pada sebagian gejala semacam sakit di dada sebelah kanan yang begitu disebabkan tiduran, bernapas dalam-dalam ataupun sebab batuk serta bersin, hingga menimbulkan pembengkakan serta kelunakan di dekat tulang rusuk sebagai salah satu gejala costochondritis.

5. Anemia

Sakit dada sebelah kanan saat hamil umumnya erat kaitannya dengan anemia yang dialami oleh ibu hamil. Tidak hanya rasa sakit pada dada sebelah kanan, juga bakal susah buat bernapas serta kerap merasa keletihan.

6. Mengalami Luka Dada

Rasa sakit dada sebelah kanan saat kalian menarik nafas bisa jadi karena luka pada otot serta tulang dada yang tidak diketahui.

Salah satu gejala penyakit radang tulang rawan selaku penghubung tulang rusuk dan tulang dada yaitu sakit di dada sebelah kanan. Rasa sakit tersebut bisa jadi karena adanya sebagian tulang rusuk yang patah.

7. Stres dan Cemas Berlebihan

Rasa sakit pada dada sebelah kanan yang mencuat akibat rasa stres, takut, serta cemas berlebihan ini mirip sekali dengan rasa sakit dada sebelah kanan pada penderita yang menghadapi penyakit jantung. Dari sana bisa jadi banyak orang berpikiran kalau diri mereka terkena serangan jantung.

Untuk langkah awal, kalian dapat segera melakukan pengecekan kepada dokter spesialis jantung. Tetapi, apabila nyatanya keadaan kesehatan jantung kalian baik-baik saja, bisa jadi rasa sakit pada dada sebelah kanan yang kalian rasakan dikarenakan tekanan pikiran ataupun takut.

Cara Mudah Mengatasi Sakit Dibawah Payudara Sebelah Kanan

cara mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan
cara mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan

Pada kebanyakan kasus, sakit dibawah payudara sebelah kanan dapat diatasi dengan pendekatan perawatan rumahan seperti kompres hangat atau penggunaan bra yang nyaman. Namun, jika kondisinya lebih serius, terapi medis seperti penggunaan obat pereda nyeri atau bahkan intervensi bedah mungkin diperlukan.

Berikut ini beberapa cara mudah dalam mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan yang bisa Anda lakukan.

1. Perhatikan waktu istirahat

Seperti yang dibahas diatas bahwa rasa sakit pada dada sebelah kanan dapat disebabkan oleh keadaan badan yang letih sehingga imunitas badan melemah dari kegiatan serta berolahraga yang ekstrem.

Jika demikian maka sempatkan diri untuk beristirahat yang cukup buat merelaksasikan otot-otot yang tegang.

2. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Salah satu cara untuk cara mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan yaitu dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Pastikan obat pereda perih yang kalian konsumsi melalui resep dokter atau berkonsultasi langsung dengan apoteker.

3. Konsultasi Ke Dokter Spesialis

Jika istirahat yang cukup dan meminum obat pereda nyeri namun rasa sakit dibawah payudara sebelah kanan belum kunjung sembuh, apalagi jika keadaan menjadi memburuk, sebaiknya segera konsultasi dan pengecekan pada dokter spesialis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan juga cara mengatasi sakit dibawah payudara sebelah kanan. Perlu diingat jika kondisi terus berlanjut, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis. Semoga artikel ini membantu!

sumber gambar: google.com

Artikel Terkait