makanan yang dilarang untuk penyakit jantung

11 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Jantung Bengkak

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menghindari makanan yang tidak boleh dimakan bagi penderita jantung bengkak. Pentingnya menjaga kesehatan jantung tidak bisa diabaikan, mengingat penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di seluruh dunia.

Lantas apa saja makanan yang dilarang untuk para penderita jantung bengkak? Berikut ini tim Nutra Jaya Prima akan memberikan beberapa jenis makanan yang dilarang penyakit jantung bengkak.

Selain berusaha melakukan pengobatan medis bagi pasien dengan kondisi jantung bengkak, penyumbatan jantung gangguan pada aliran darah seperti penyakit kolesterol ataupun darah tinggi perlu memperhatikan hal ini.

Beberapa Jenis Minuman dan Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Jantung Bengkak

Jika Anda mengalami masalah jantung bengkak, maka perlu untuk mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan dan tidak boleh untuk dikonsumsi. Setidaknya ada 11 jenis minuman dan makanan yang perlu untuk dihindari bagi penderita jantung bengkak sebagai berikut:

1. Daging Merah Berlemak

Daging Merah Berlemak
Daging Merah Berlemak

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung bengkak yang pertama adalah daging merah berlemak. Jenis makanan yang satu ini harus dibatasi tingkat konsumsinya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Bahkan akan lebih baik jika kamu tidak mengonsumsinya sama sekali karena daging merah berlemak menjadi pemicu peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Dengan kondisi seperti ini akan berpengaruh pada kesehatan jantung, menurut university of Oxford mengkonsumsi daging merah dapat menyebabkan peningkatan darah tinggi dan penimbunan plak pada jantung.

Apabila menghindari konsumsi daging merah akan jauh lebih cepat proses pemulihan pembengkakan jantung.

2. Daging Olahan

Daging Olahan
Daging Olahan

Tidak hanya lemak di dalam daging merah saja yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Dalam hal ini daging olahan juga menjadi makanan yang dilarang untuk penyakit jantung bengkak yang harus dihindari apabila sudah diketahui adanya pembengkakan pada jantung. Daging olahan tersebut di antaranya burger, hotdog, nugget atau yang sejenisnya dengan kandungan natrium dan nitrat cukup tinggi.

Pastikan tidak mengonsumsi jenis makanan yang dilarang untuk penyakit jantung agar tidak meningkatkan keparahannya.

Selain itu daging olahan bisa meningkatkan tekanan darah tinggi yang tentunya dapat beresiko terjadi serangan jantung atau gagal jantung. Dibandingkan mengonsumsi daging olahan sebaiknya mengonsumsi daging ayam atau unggas lain karena lebih sehat.

3. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda
Minuman Bersoda

Penyakit jantung serius harus menjadi perhatian khusus. Sebenarnya tidak dari segi makanan saja namun juga minuman. Konsumsi minuman bersoda harus dikurangi agar tidak memicu masalah pada kondisi jantung. Jenis minuman bersoda memiliki asupan kandungan gula yang sangat tinggi dan menyebabkan gula darah di dalam tubuh mengalami lonjakan.

Pada kondisi ini akan menekan pembuluh darah dan berakibat fatal pada kesehatan jantung seperti misalnya jantung koroner.

4. Cokelat Susu

Cokelat Susu
Cokelat Susu

Makanan yang dilarang untuk penyakit jantung bengkak berikutnya yaitu cokelat susu. Jenis makanan ini sangat tidak bagus bagi kesehatan jantung khususnya dalam jangka panjang. Apabila kamu ingin konsumsi cokelat sebaiknya memilih cokelat hitam asli yang tidak ada bahan tambahan susu.

Hal ini dikarenakan cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan cukup banyak. Dengan demikian sangat baik guna mendukung kesehatan jantung.

5. Gorengan

Gorengan
Gorengan

Makanan yang menjadi pantangan bagi penderita jantung bengkak dan tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi berikutnya yaitu gorengan. Makanan dengan jenis gorengan sangat dilarang untuk dikonsumsi bagi seseorang yang mengalami pembengkakan pada jantung.

Hal ini disebab karena gorengan mengandung lemak jenuh dan bisa meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh. Ketika jumlah kolesterol terus mengalami peningkatan dan tidak terkontrol.

Maka tekanan darah yang ada di dalam tubuh ini akan terhambat dan sangat berpengaruh bagi kesehatan jantung. Dengan demikian makanan untuk penyakit jantung ini harus diperhatikan.

6. Produk Susu Berlemak

Produk Susu Berlemak
Produk Susu Berlemak

Untuk jenis makanan yang dilarang untuk penyakit jantung bengkak selanjutnya yaitu susu, keju, dan yoghurt berlemak tinggi juga dapat meningkatkan kolesterol. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi produk susu berlemak karena akan berdampak lebih buruk bagi kesehatan jantung.

7. Makanan Tinggi Garam

Makanan Tinggi Garam
Makanan Tinggi Garam

Makanan yang tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Masalahnya jika tubuh mengkonsumsi garam terlalu banyak, maka tubuh akan menyerap cairan.

Cairan jika berlebihan di dalam tubuh akan meningkatkan tekanan darah sehingga kerja jantung menjadi lebih berat.

8. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol
Minuman beralkohol

Konsumsi minuman alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan berat badan. Minuman alkohol memiliki kalori yang sangat tinggi, membuat jantung berdebar sehingga kinerja jantung menjadi terbeban.

Bila kita memiliki penyakit jantung seperti jantung bengkak atau jantung koroner tentu hal ini akan beresiko pada serangan jantung atau kematian mendadak.

9. Makanan tinggi lemak trans

Makanan tinggi lemak trans
Makanan tinggi lemak trans

 

Lemak trans ditemukan dalam makanan seperti kue, biskuit, dan makanan cepat saji. Ini adalah jenis makanan yang dilarang untuk penyakit jantung bengkak paling berbahaya karena dalam jumlah yang sedikit terdapat kalori yang sangat besar.

10. Makanan Tinggi Gula

Makanan Tinggi Gula
Makanan Tinggi Gula

Makanan yang tinggi gula dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan diabetes, yang keduanya merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Sangat dianjurkan bagi para penderita jantung bengkak untuk menghindari konsumsi makanan yang tinggi gula ini karena akan berdampak lebih buruk bagi kesehatan jantung.

11. Makanan Tinggi Kolesterol

telur mengandung kolestrol tinggiBerbagai jenis makanan kemasan seperti keripik dan biskuit mengandung banyak garam, lemak jenuh, dan gula. Makanan seperti kuning telur, hati, dan udang tinggi kolesterol yang dapat meningkatkan risiko sakit jantung.

Itulah beberapa jenis minuman dan makanan yang dilarang untuk penderita penyakit jantung bengkak. Dalam hal ini pemilihan makanan sangat penting guna meminimalisir tingkat keparahan pada jantung bengkak dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk masalah kesehatan jantung Anda.

sumber gambar: google.com

Artikel Terkait