Sering Kaget Saat Tidur dan Jantung Berdebar

Cara Mengatasi Sering Kaget Saat Tidur dan Jantung Berdebar

Apakah anda biasa mengalami sering kaget saat tidur dan jantung berdebar? Tidur merupakan cara alami buat membangun kembali tenaga dan meregenerasi sel-sel pada badan yang rusak. Tidur sangat dibutuhkan demi memperoleh fisik dan juga psikis yang lebih baik. Tidur yang bermutu sangat menolong kalian dalam mengatasi tekanan pikiran, membantu fokus dikala bekerja sampai mempercepat penyembuhan dikala sakit.

Sebelum tim Nutra Jaya Prima lebih jauh membahas apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi sering kaget saat tidur dan jantung berdebar, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai 2 bagian tidur yaitu REM dan non-REM yang mana pembahasan ini akan berlanjut dan memiliki keterikatan dengan pembahasan cara mengatasi sering kaget saat tidur dan jantung berdebar yang akan kami ulas nanti.

Mengapa Sering Kaget Saat Tidur dan Jantung Berdebar Terjadi?

Tidur sendiri dibagi atas 2 bagian yaitu tidur rapid eye movement (REM) dan tidur non-rapid eye movement (NREM). Dimana proses tidur ini terdiri atas 4 tahapan. Saat kalian tertidur, siklus terus berbalik antara REM dengan non-REM. Umumnya siklus tidur diawali dengan tahapan non-REM serta dilanjuti periode REM, dan seterusnya. Pada periode REM inilah kalian bakal mengalami mimpi.

Tahapan non-REM umumnya berlangsung sepanjang 5 sampai 15 menit, dilanjutkan dengan proses REM. Berikut ini 4 tahapan non-REM yang perlu untuk diketahui.

Tahapan 1 non-REM

Pada tahapan 1 akan ada penurunan kegiatan dalam keadaan bangun atau sadar. Mata telah tertutup tetapi kalian masih gampang buat dibangunkan dalam tahapan ini. Tahapan 1 ini berkaitan dengan proses kedutan, kejang otot, hypnic jerks ataupun yang dikenal sebagai mioklonus positif.

Mioklonus positif adalah gerakan involunter ataupun tidak sadar diiringi kontraksi mioklonus pada otot atau biasa disebut tahapan hypnagogia. Tahapan ini merupakan keadaan saat kalian mulai tertidur. Sebaliknya hypnic jerk ialah proses dimana merasa mau terjatuh maupun yang biasa mengalami sering kaget saat tidur dan jantung berdebar saat terbangun dari tidur.

Sering kaget pada saat tidur
Sering kaget pada saat tidur

Ini bisa kalian alami disebabkan tidur yang tidak teratur. Hypnic jerk akan kalian alami selama 1-2 kali dalam semalam, apalagi dapat kami rasakan meski dalam keadaan tidur normal. Hal ini terjadi jika kalian kurang tidur sampai lebih dari 24 jam maupun saat terbangun meski waktu tidur masih kurang.

Tahapan 2 non-REM

Tahapan ini diawali dengan kegiatan otak yang terus mengalami penurunan. Diiringi kegiatan otot yang merenggang, dan kesadaran dengan area sekitar yang menghilang.

Tahapan 3 & 4 non-REM

Tahapan 3 serta 4 ini merupakan proses kalian tertidur, dimana tahapan 4 jauh lebih dalam dibanding tahapan 3. Bila kalian terbangun dalam tahapan ini, kalian akan merasa disorientasi maupun kebingungan untuk beberapa menit.

Dalam tahapan non-REM ini, badan bekerja membetulkan sel-sel rusak, dan membangun otot dan tulang, apalagi menguatkan imunitas badan kalian.

Berikutnya yaitu tahapan REM, tahapan ini akan terjadi setelah 90 menit kalian tertidur. Saat memasuki tahapan ini jangan kaget bila bola mata masih bergerak-gerak dan mengalami mimpi.

Jika kalian berada dalam proses tidur non-REM dalam tahapan 1, kalian dapat hadapi hypnic jerks yang membuat kamu terbangun dengan sering kaget saat tidur dan jantung berdebar. Tidak hanya disebabkan proses tidur, terdapat sebagian faktor-faktor yang dapat membuat kalian sering kaget saat tidur dan jantung berdebar dan tubuh lemas. Jadi perlu untuk kalian juga ketahui bagaimana cara atasi susah tidur karena jantung berdebar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sering Kaget Saat Tidur dan Jantung Berdebar

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kita sering kaget saat tidur dan juga jantung berdebar, beberapa penyebab dan juga cara mengatasi sering kaget saat tidur dan jantung berdebar yaitu.

1. Stres yang Berlebihan

Jika kalian bangun tidur kemudian diiringi dengan gemetar yang mengakibatkan timbulnya keringat dingin, perasaan tidak enak sampai membuat cemas berlebihan dan jantung berdebar, bisa jadi kalian lagi menghadapi tekanan pikiran atau stres yang berlebih.

Untuk cara mengatasi sering kaget saat tidur dan jantung berdebar yang disebabkan karena stres, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu rutim melakukan relaksasi sebelum tidur, menghindari penggunaan smartphone secara berlebihan sebelum tidur atau sebaiknya luangkan family time sebelum Anda tidur seperti bercanda atau bermain dengan anak.

2. Konsumsi Kafein Secara Berlebihan

Jika kalian sering kaget saat tidur dan jantung berdebar, kalian harus mengingat-ingat kembali seberapa banyak kafein yang kalian telah minum saat sebelum tidur. Sebab kafein dapat menimbulkan kalian mengalami jantung berdebar-debar setelah terbangun dari tidur. Jadi salah satu cara mengatasi sering kaget saat tidur dan jantung berdebar yaitu kurangi konsumsi kafein secara berlebihan terlebih di malam hari.

3. Fungsi Jantung Yang Abnormal

Jika sering kaget saat tidur dan jantung berdebar kencang, dapat pula disebabkan keadaan medis tertentu, seperti aritmia jantung. Aritmia adalah salah satu kelainan jantung dengan indikasi gangguan ritme jantung yang tidak wajar, sebab detak jantung tidak teratur dapat sangat cepat ataupun sangat pelan.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa saja penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi sering kaget saat tidur dan jantung berdebar. Jika gangguan terus berlanjut segera membawa ke dokter apabila kondisi terus menjadi parah.

sumber gambar: google.com

Artikel Terkait