makanan untuk penderita jantung bengkak yang aman dikonsumsi

12 Rekomendasi Makanan Bagi Penderita Jantung Bengkak

Penderita pembengkakan jantung tidak boleh mengkonsumsi makanan secara sembarangan. Sebaliknya, lebih baik mengkonsumsi makanan untuk penderita jantung bengkak yang kaya manfaat untuk membantu penyembuhan maupun pemulihan.

Pola hidup sehat termasuk mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjadi salah satu upaya untuk menyembuhkan jantung bengkak.

Memangnya, makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak? Jika belum tahu, maka langsung saja baca artikel yang tim Nutra Jaya Prima akan membahas berbagai pilihan jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita pembengkakan jantung di bawah ini!

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita pembengkakan jantung. Kenapa? Hal ini karena kacang-kacangan kaya akan kandungan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan lainnya yang dimiliki kacang-kacangan berupa vitamin, mineral, serat, protein, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut dapat membantu pemulihan jantung bengkak dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kacang-kacangan juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Penderita jantung bengkak yang rutin mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa mendapatkan manfat lainnya, seperti menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi penderita jantung bengkak cukup beragam. Misalnya, walnuts, almond, pecan, hazelnut, piztachio, dan lainnya. Contoh lainnya jenis kacang yang mudah ditemukan adalah edamame.

Kacang edamame merupakan jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi penderita pembengkakan jantung. Kandungan di dalam edamame dipercaya mampu menjaga kestabilan tekanan darah, sehingga dapat meringankan gejala pembengkakan jantung.

2. Biji-bijian

Biji-bijian
Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, penderita pembengkakan jantung juga disarankan untuk lebih rutin mengkonsumsi berbagai jenis biji-bijian.

Makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita jantung bengkak jenis biji-bijian dapat berupa chia seed maupun flaxseed. Keduanya memiliki kandungan omega-3 dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, biji-bijian yang dikonsumsi secara rutin juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Sayuran Hijau

Penderita jantung bengkak juga sebaiknya mengkonsumsi aneka jenis sayuran hijau. Misalnya, brokoli, bayam, sawi, kale, selada, dan jenis sayuran lainnya.

Sayuran hijau memang memiliki kandungan serat tinggi, sehingga bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam darah.

4. Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu
Produk Olahan Susu

Berbagai produk olahan susu juga boleh dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak. Susu dan produk olahannya seperti yogurt maupun keju memang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

Ketika mengkonsumsi makanan untuk penderita jantung bengkak hasil olahan susu lebih baik memilih produk yang rendah lemak.

Jika memungkinkan, maka sebiaknya pilih saja produk olahan susu tanpa lemak.

5. Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita jantung. Kandungan omega-3 di dalam daging ikan salmon sangat penting untuk menurunkan tekanan darah maupun mengurangi risiko gangguan irama jantung.

Selain itu, omega-3 dalam ikan salmon juga memiliki manfaat untuk menurunkan peradangan di dalam tubuh. Sebaiknya, ikan salmon dikonsumsi setelah diolah menjadi masakan yang sehat.

Selain ikan salmon, penderita pembangkakan jantung juga diperbolehkan mengkonsumsi jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan omega-3 tinggi.

Namun, pastikan jenis ikan yang dipilih tidak mengandung lemak jenuh atau lemak jahat.

6. Alpukat

Buah Alpukat
Buah Alpukat

Penderita jantung bengkak juga bisa mengkonsumsi buah, seperti alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah untuk jantung bengkak yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang membantu memperkuat kesehatan jantung.

Buah alpukat juga merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan untuk membantu menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

7. Buah Sitrus

Buah Sitrus
Buah Sitrus

Selain alpukat, pilihan jenis buah lainnya yang baik dikonsumsi oleh penderita pembengkakan jantung adalah buah sitrus.

Pilihan buah sitrus yang bisa dimakan dapat berupa lemon maupun berbagai jenis jeruk. Buah sitrus kaya kandungan vitamin C dan tinggi kandungan antioksidan.

Oleh karena itu, buah sitrus cocok untuk penderita pembengkakan jantung yang ingin menurunkan kadar kolestrol, menyembuhkan peradangan, dan menjaga kesehatan jantung.

8. Tomat

Tomat
Tomat

 

Makanan untuk penderita jantung bengkak lainnya yang bisa dikonsumsi adalah tomat. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus, maupun dicampur dengan berbagai masakan sehat lainnya.

Kandungan likomen yang kaya antioksidan dalam tomat sangat baik untuk meringankan gajala pembengkakan jantung.

Selain itu, ternayat tomat juga biak dikonsumsi untuk menurunkan risiko serangan jantung maupun stroke.

9. Cokelat Hitam

Cokelat Hitam
Cokelat Hitam

Rupanya penderita jantung bengkak juga diperbolehkan mengkonsumsi cokelat hitam. Cokelat hitam yang dimaksud tentu saja berbeda dengan cokelat susu yang sangat tinggi kandungan gulanya. Cokelat hitam baik untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung flavonoid.

Berbagai kandungan yang dimiliki cokelat hitam tidak hanya baik untuk pembengkakan jantung, tetapi bisa membantu menurunkan gejala penyakit stroke, diabeters, hingga jantung koroner.

Jika ingin memakan cokelat hitam, maka pastikan cokelat hitam yang dimakan benar-benar asli dan murni atau tidak memiliki kandungan gula tinggi.

10. Gandum Utuh

Gandum Utuh
Gandum Utuh

Gandum meurpakan jenis makanan yang bisa dikonsumsi penderita pembengkakan jantung setiap hari sebagai sumber energi.

Selain itu, kandungan yang dimiliki oleh gandum juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Misalnya, mineral, aneka vitamin, dan serat.

Gandum juga dipercaya memiliki kandungan bermanfaat yang bisa membantu menurunkan kadar korestrol di dalam tubuh. Penderita pembengkakan jantung dapat mengkonsumsi gandum dalam bentuk gandum utuh, roti, oatmeal, maupun produk olahan gandum lainnya.

11. Buah Zaitun

Buah Zaitun
Buah Zaitun

Jenis makanan untuk penderita jantung bengkak lainnya adalah buah zaitun. Kandungan senyawa dalam buah zaitun dipercaya dapat menurunkan kadar korestrol jahat yang mengganggu aliran darah.

Kondisi ini tentu saja bisa membuat risiko jantung bengkak semakin berkurang. Penderita pembengkakan jantung dapat mengkonsumsi buah zaitun secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya.

Pilihan lainnya, penderita pembengkakan jantung juga bisa mengkonsumsi minyak zaitun yang dicampurkan dengan salad sayuran.

12. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Tidak banyak orang yang tahu bahwa bawang putih termasuk jenis makanan yang bisa dikonsumsi penderita jantung bengkak sebagai upaya penyembuhan. Kandungan yang dimiliki bawang putih memang mampu menurunkan kadar kolestrol.

Selain itu, bawang putih juga cukup efektif untuk mencegah pembentukan maupun penumpukan plak dalam aliran darah. Kondisi ini tentu saja bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan meringankan gejala pembengkakan jantung.

Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu dengan mencampurkannya ke dalam makanan.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita Jantung bengkak. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu konsultasikan masalah jantung Anda kepada dokter spesialis.

sumber gambar: google.com

Artikel Terkait